Membuat Label Undangan Dengan Microsoft Word


Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat membuat label undangan mudah di print, menggunakan aplikasi yang khusus untuk itu, atau aplikasi graphic seperti CorelDraw juga bisa, namun tidak semua orang memiliki Aplikasi-aplikasi tersebut pada PC nya kan, yang paling umum ada di setiap PC / Laptop User adalah Microsoft Office, ada MS. Word dan Excell disitu, sudah seperti wajib ada ke dua software tersebut di PC/Laptop meski sering digunakan ataupun tidak. 

Disini kami coba berbagi cara mudah membuat label undangan dengan Ms. Word & Excell. langkah demi langkah kami sertai gambar agar lebih memudahkan lagi proses pengerjaanya. Semoga bermanfaat. 

Pertama yang kita perlukan adalah membuat daftar nama dan alamat penerima undangan di Ms. Excell, buat 2 kolom NAMA & ALAMAT seperti pada gambar. Jangan lupa di save.


Daftar Nama & Alamat Penerima Undangan

Langkah selanjutnya adalah membuat template Label Undangan dengan Ms. Word, agar saat proses print nanti pas. Pastikan ukuran label undangan, karena beda merk bisa beda ukuran, setelah itu masukan data penerima undangan yang sudah dibuat di Ms. Excell tadi ke Ms. Word, berikut caranya :

Pada Aplikasi Ms. Word pilih tab Mailings > Labels



Pilih Labels




 Lalu pilih Options

klik Options
Pilih New Label


Klik New Label
Isi kolom margin dengan ukuran dari kertas label yang anda miliki.


Ini Label 103, jika sama boleh disamakan ukurannya.



Hasilnya akan seperti ini.
Memasukan data Nama & Alamat otomatis
Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, langkah selanjutnya adalah memasukan Nama & Alamat yang sudah kita input di Ms. Excell sebelumnya ke Ms. Word. 

Pilih Tab Mailings > Select Recipients > Use Existing List

Pilih Use Existing List

Pilih File Daftar Undangan yang tadi di buat di Ms. Excel.
Pilih Sheet yang berisi daftar Penerima lalu klik OK

Pilih Sheet dimana anda membuat daftar penerima, biasanya sheet1
Klik pada Baris dan Kolom pertama label undangan yang anda buat, pilih tab Mailings > Insert Merge Field > pilih Nama, ulangi langkah tersebut lalu pilih Alamat


Pilih NAMA


Pilih  ALAMAT


Hasilnya. Atur jarak tulisannya. 
Blok satu kotak tersebut dan paste di kotak berikutnya, menjadi seperti berikut

Paste di kotak sebelahnya.
Letakan kursor di awal <<NAMA>> pada kotak ke-2

Letakan kursor di awal <<NAMA>>

Selanjutnya pilih tab Mailings > Rules > Next Record


Pilih Next Record
Sehingga tampil seperti pada gambar berikut :
 ada << Next Record>> nya





Blok Kotak tersebut lalu Copy ke semua kotak yang belum terisi seperti pada gambar berikut :


Paste ke semua kotak yang belum terisi
Setelah semua kotak terisi, silahkan rapihkan dengan memblok semua (CTRL+A) lalu rata tengah (CTRL+E), atau terserah sih, sesuai kebutuhan aja.


rapih kan
Setelah itu pilih tab Mailings > Finish & Merge > Edit Individual Documents > All > OK

Pilih Edit Individual Documents
Selesai, jika berhasil maka hasil akhirnya akan tampak seperti gambar di bawah ini :


Hasil Akhir, tinggal di Print...😙😙



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menambahkan Kapasitas RAM dengan Flashdisk

BLOG

Pemahaman Dasar Apa Itu HTML?