Membuat Label Undangan Dengan Microsoft Word
Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat
membuat label undangan mudah di print, menggunakan aplikasi yang khusus untuk
itu, atau aplikasi graphic seperti CorelDraw juga bisa, namun tidak semua orang
memiliki Aplikasi-aplikasi tersebut pada PC nya kan, yang paling umum ada di
setiap PC / Laptop User adalah Microsoft Office, ada MS. Word dan Excell
disitu, sudah seperti wajib ada ke dua software tersebut di PC/Laptop meski
sering digunakan ataupun tidak.
Disini kami coba berbagi cara mudah membuat label undangan dengan
Ms. Word & Excell. langkah demi langkah kami sertai gambar agar lebih
memudahkan lagi proses pengerjaanya. Semoga bermanfaat.
Pertama yang kita perlukan adalah membuat daftar nama dan alamat
penerima undangan di Ms. Excell, buat 2 kolom NAMA & ALAMAT
seperti pada gambar. Jangan lupa di save.
|
Daftar Nama & Alamat
Penerima Undangan
|
Pada Aplikasi Ms. Word pilih tab Mailings > Labels
Pilih New Label
Isi kolom margin dengan ukuran dari kertas label yang anda miliki.
|
Hasilnya akan seperti
ini.
|
Memasukan data Nama &
Alamat otomatis
Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, langkah selanjutnya
adalah memasukan Nama & Alamat yang sudah kita input di Ms. Excell
sebelumnya ke Ms. Word.
Pilih Tab Mailings > Select Recipients > Use Existing
List
Pilih File Daftar Undangan yang tadi di buat di Ms. Excel.
Pilih Sheet yang berisi daftar Penerima lalu klik OK
Klik pada Baris dan Kolom pertama label undangan yang anda buat,
pilih tab Mailings > Insert Merge Field > pilih Nama,
ulangi langkah tersebut lalu pilih Alamat
Blok satu kotak tersebut dan paste di kotak berikutnya, menjadi
seperti berikut
Letakan kursor di awal <<NAMA>> pada kotak ke-2
Selanjutnya pilih tab Mailings > Rules > Next Record
Sehingga tampil seperti pada gambar berikut :
Blok Kotak tersebut lalu Copy ke semua kotak yang belum terisi
seperti pada gambar berikut :
Setelah semua kotak terisi, silahkan rapihkan dengan memblok semua
(CTRL+A) lalu rata tengah (CTRL+E), atau terserah sih, sesuai kebutuhan aja.
Setelah itu pilih tab Mailings > Finish & Merge >
Edit Individual Documents > All > OK
Selesai, jika berhasil maka hasil akhirnya akan tampak seperti
gambar di bawah ini :
Komentar
Posting Komentar